Main menu

Gadget, khususnya smartphone jika semakin lama digunakan, tentu saja kecepatannya juga semakin melambat. Smartphone lambat pasti membawa mood buruk dan kekesalan pada penggunanya. Lantas kalau sudah lambat, apa kamu dengan mudah bisa menggantinya dengan flagship yang harganya selangit?



Nggak semuanya bisa dengan mudah mengganti smartphone yang sedang dipakainya kan? Berikut ini cara agar smartphone kamu menjadi lebih cepat dalam kurun waktu sekitar 5 menit, jadi kamu nggak perlu keluar duit untuk beli smartphone baru.


1. Hapus cache aplikasi

Setelah masa penggunaan, program yang disimpan pada cache pada aplikasi ponsel Android akan mengisi satu hari dan mengonsumsi sumber data sistem, membuat ponsel Android kamu sehari lebih lambat. Oleh karena itu untuk mempercepat Android yang lemot, kamu harus menghapus cache aplikasi.

Buka Settings, kemudian cari dan klik Storage untuk melihat berapa banyak ruang cache ditempati.


Selanjutnya klik Cached Data.


Klik OK untuk mengkonfirmasi penghapusan.
Anda juga dapat menggunakan aplikasi third party untuk mempercepat Android seperti App Cache Cleaner. Aplikasi ini secara otomatis akan menghapus cache pada perangkat Android sesuai dengan jadwal tertentu.

App Cache Cleaner - 1Tap Clean

2. Disable bloatware

Kamu dapat menginstal dan menjalankan puluhan aplikasi di smartphonemu. Tapi jika tidak digunakan, kamu harus menghapus aplikasi tersebut, alasannya adalah karena aplikasi dapat berjalan di latar belakang bahkan jika kamu sedang tidak membuka aplikasinya. Jika ponsel Androidmu tidak memiliki akses root, kamu tidak dapat menghapus aplikasi pre-install, tapi kamu masih dapat menonaktifkan/men-disable aplikasi tersebut.

Buka Settings > Applications > Application Manager.


Tekan tab Semua untuk melihat daftar semua aplikasi pada ponselmu.


Klik aplikasi yang ingin di-uninstall.masukkan


Klik Disable atau Uninstall.


Tekan untuk memilih OK.
Cara alternatifnya, kamu dapat mencari bantuan dari aplikasi mempercepat Android terbaik dan backup seperti Titanium Backup untuk menonaktifkan bloatware.


3. Meningkatkan batas memori Chrome Browser

Secara default, browser Chrome hanya menggunakan 128MB RAM yang tersedia, tetapi kamu dapat meningkatkan hingga 4 kali untuk menggunakan Chrome lebih cepat dan lancar.

Pada browser Chrome di perangkat Android kamu, arahkan ke chrome://flags/#max-tiles-for-interest-area atau kamu hanya bisa mengetik chrome://flags dan scroll ke bawah hingga kamu menemukan bagian "max tiles for interest area".


Sekarang di layar perangkat Androidmu akan muncul PopUp, tekan opsi 512.


Terakhir klik Relaunch Now.


4. Nonaktifkan Animasi

Buka Settings, kemudian cari dan klik untuk memilih About Phone.


Selanjutnya pada layar About Phone, cari dan klik pilihan Built Number sebanyak 7 kali. Sekarang kamu akan mendapatkan pemberitahuan yang mengatakan Developer Mode telah diaktifkan. Jika Developer Mode telah diaktifkan sebelumnya, kamu dapat melewatkan langkah ini.


Pada aplikasi Settings, kamu menemukan pilihan Developer Options. Opsi ini muncul hanya setelah Anda telah mengaktifkan Developer Mode.


Cari dan klik Window Animation Scale.


Ubah ke pilihan Animation is OFF.


Atur OFF juga pada pilihan yang lain.




8. Gunakan Custom ROM yang diperbarui terus

Setiap smartphone baru yang diproduksi dilengkapi dengan ROM secara default. Tapi dengan ROM pabrik, pengguna akan sulit untuk mengoptimalkan dan menyesuaikan smartphone sesuai dengan kemampuan serta keinginannya.

Sementara itu Custom ROM yang dikembangkan oleh seseorang atau tim, telah dioptimalkan untuk beroperasi lebih cepat dengan skalabilitas yang lebih baik. Kamu dapat menemukan kernel dan Custom ROM untuk smartphone milikmu pada forum XDA Developers Android dan JalanTikus.

Contact Us

CV. GLOBAL TECHNO
Jl. Bantulan Ambar Ketawang Gamping Sleman DIY
085747070925
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

FacebookG+TwitterRSS