Main menu

Layanan Telekomunikasi Pulih 99 Persen Paska Tsunami Selat Sunda

KOMPAS.com - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ahmad M. Ramli menyatakan saat ini layanan telekomunikasi di telah pulih 99,1 persen, pasca- tsunami di Selat Sunda yang melanda Banten dan Lampung Selatan.

 

"Ada 0,9 persen BTS yang masih terganggung operasinya. Namun demikian, akses telekomunikasi di lokasi yang BTS-nya down dapat di-cover oleh mobile BTS dan sistem recovery pada saat awal terjadinya bencana," jelas Ramli dalam keterangan tertulis, Rabu (26/12/2018). Menurut Dirjen PPI, layanan telekomunikasi sempat mengalami gangguan akibat tidak adanya pasokan jaringan listrik untuk sejumlah Base Transceiver Station (BTS) di wilayah terdampak. "Saat ini sebanyak 4.687 BTS dari total 4.731 BTS eksisting yang ada di Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lampung Selatan  sudah dapat beroperasi untuk mendukung kebutuhan telekomunikasi warga," jelas Dirjen PPI. Baca juga: Tsunami Banten, Infrastruktur Telekomunikasi Aman Dirjen PPI Ramli menyatakan operator seluler terus melakukan langkah konstruktif termasuk penyediaan genset untuk catu daya BTS. Sedangkan untuk BTS yang belum pulih aliran listrik, Kementerian Kominfo meminta agar operator seluler mengerahkan BTS combat dan mobile genset sebagai cadangan sehingga layanan telekomunikasi bisa pulih kembali. "Kementerian Kominfo akan terus melakukan monitoring terhadap progres BTS yang dalam status down dan melakukan pengukuran terhadap kualitas layanan seluler (Quality of Service/QoS)," ucap Ramli. Kementerian Kominfo memantau operator telekomunikasi yang berupaya melakukan pemulihan cadangan listrik untuk mengoperasikan kembai BTS guna mendukung pelaksanaan penanganan bencana. "Akses telekomunikasi merupakan hal vital dalam kondisi bencana, selain untuk mendukung proses evakuasi penduduk, komunikasi dalam pencarian jenasah, peringatan dini, juga sangat penting agar penduduk yang terdampak dapat berkomunikasi dengan handai taulan, teman dan kerabat. Dalam keadaan musibah seperti ini akses telekomunikasi memiliki peran sangat penting dan strategis," tutur Dirjen Ramli.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasca-tsunami Selat Sunda, Layanan Telekomunikasi Pulih 99 Persen", https://tekno.kompas.com/read/2018/12/26/18030077/pasca-tsunami-selat-sunda-layanan-telekomunikasi-pulih-99-persen

Editor : Reska K. Nistanto

Pendaftaran CPNS Kota Yogya, Formasi Tenaga Kesehatan dan Guru Paling Banyak Dibutuhkan

TRIBUNJOGJA COM - Pemerintah Kota Yogyakarta secara resmi mengumumkan kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta pada tahun anggaran 2018.

Read more: Pendaftaran CPNS Kota Yogya, Formasi Tenaga Kesehatan dan Guru Paling Banyak Dibutuhkan

Pendaftaran CPNS ASN 2018

POS-KUPANG.COM - Portal pendaftaran sscn.bkn.go.id untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 mulai dibuka pada hari ini, Rabu (19/9/2018).

Portal sscn.bkn.go.id juga menyebutkan bahwa pendaftaran melalui portal itu akan segera bisa diakses pukul 13.00 WIB siang ini.

Read more: Pendaftaran CPNS ASN 2018

Tips Mempercepat Koneksi Internet di Android

Liputan6.com, Jakarta - Koneksi internet super cepat pada perangkat mobile adalah dambaan semua orang. Namun terkadang koneksi internet masih saja lelet, padahal sinyal jaringan ponsel penuh.

Read more: Tips Mempercepat Koneksi Internet di Android

Melacak Ponsel Android yang Hilang

KOMPAS.com — Lupa di mana meninggalkan smartphone Android kesayangan bisa membuat panik, apalagi ditambah dengan kekhawatiran jika smartphone itu hilang atau dicuri.

Read more: Melacak Ponsel Android yang Hilang

Contact Us

CV. GLOBAL TECHNO
Jl. Bantulan Ambar Ketawang Gamping Sleman DIY
085747070925
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

FacebookG+TwitterRSS